10/31/2009

PESONA PANTAI SENGGIGI

Pantai Senggigi, yang terletak di sebelah utara Ampenan, merupakan pantai yang paling populer dan sudah terkenal akan keindahannya. Pantai yang terletak 12 kilometer dari sebelah barat laut Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Lombok ini, terbentang hampir sepanjang 10 km dengan hamparan pasir putih yang seolah menggoda Anda untuk duduk diatasnya dan untuk sejenak melupakan segala rutinitas hidup Anda. Pantai senggigi sama halnya dengan pantai-pantai yang ada di seluruh indonesia yang merupakan sebuah tepi laut dengan pasir putih. Pantai senggigi ini dapat dikatakan Pantai Kute 2, karena merupakan obyek wisata dari turis-turis lokal dan banyak turis-turis asing. tidak heran kalo kita temukan banyak sekali kafe, bar dan tempat hiburan lainnya sama seperti yang terdapat di Bali. Sebelum mencapai pantai senggigi terlebih dulu anda akan disuguhkan dengan panorama laut lepas yang dapat terlihat dari pinggir jalan. Dan pada sore hari tepi jalan tersebut biasanya ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati sunset (matahari terbenam) sambil makan jagung bakar. Asyik memang menikmati pemandangan laut sambil menikmati jagung bakar. Tidak heran kalau semakin banyak masyarakat mulai mendirikan warung-warung pinggir jalan menuju senggigi.
Para wisatawan lokal maupun asing dapat melakukan aktifitas seperti surfing, kano dan lain sebagainya di tempat ini. Pokoknya pantai senggigi tidak kalah dengan pantai kute yang ada di Bali.
BATU BOLONG
Di Pantai Senggigi terdapat obyek wisata lain selain pantainya yaitu Batu Bolong. Dimana batu bolong ini adalah sebuah tempat peribadatan agama Hindu (pura) yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Menurut legenda masyarakat setempat dahulu kala sering diadakan pengorbanan seorang perawan untuk dimakankan kepada ikan hiu di tempat ini. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati. Dari tempat ini juga terlihat Gunung Agung di Pulau Bali.
KERANDANGAN
Kerandangan merupakan obyek wisata lain yang berada di kawasan wisata pantai Senggigi dan merupakan Taman Wisata Alam. Tipe vegetasinya termasuk tipe vegetasi hutan dataran rendah dan tipe vegetasi hutan pegunungan, tipe iklim D (Schmidt-Ferguson) yang sangat dipengaruhi oleh angin muson. Jenis tumbuhan antara lain ajan klicung (Dyospiros malabarica), terep dan lain-lain. Formasi geologi di Taman Wisata Alam Kerandangan terdiri dari batuan endapan dan batuan vulkanik recent. Jenis-jenis tanah di Taman Wisata Alam Kerandangan terdiri dari tanah aluvial, litosol, regosol dan mediteran. (Arthecellobium elastica), Sentul (Aglaia sp), goak (Ficus sp), klokos udang (Dracontomellon mangiferum, bl). Kondisi topografi Taman Wisata Alam Kerandangan terletak pada ketinggian antara 10 – 200 m dpl. Kondisi bentang alam yang bervariasi, datar, agak datar, bergelombang, berbukit dan tebing curam. Variasi bentang alam yang bergelombang ini, menjadikan TWA Kerandangan alternatif wisata trekking di Pulau Lombok.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Pantai Senggigi yang sangat indah buat renang bersih banget, pengen banget rendam gak mau ninggalin pantainya.

Posting Komentar

yOuR cOmMeNT