10/31/2009

3 GILI yaitu : ( Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan )

3 Gili yang terdapat di Lombok adalah pulau kecil yang terdapat di sebelah utara kota Mataram. ada keunikan di ketiga pulau ini yaitu tidak terdapat kendaraan bermotor seperti motor atau mobil. alat transportasi yang berlaku disana adalah sepeda dan cidomo. cidomo merupakan sebuah grobak kayu yang ditarik oleh kuda atau yang lebih dikenal dengan nama delman atau andong. masing-masing dari ketiga gili memiliki ciri khas masing-masing.

Gili Air Gili air merupakan pulau yang tenang dan sunyi maka tidak heran tempat ini merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh misatawan yang ingin mencari suasana yang tenang. Karena pantai dan lautnya yang begitu indah, gili meno merupakan tempat yang bagus untuk menyelam. Pantai dengan pasir putih, pohon nyiur yang melambai, dan suasana yang relax menciptakan suasana yang tenang dan damai di pulau kecil. Tidak ada suara bising motor atau mobil karena tidak diperbolehkan, transportasi yang disediakan hanya cidomo (dokar) dan sepeda. Banyak tersedia bungalow yang indah diseluruh pulau. Dari pantai sebelah timur pulau anda bisa menyaksikan matahari terbit dari balik gunung Rinjani (3726m) di pulau Lombok. Dari sebelah barat anda bisa menikmati matahari terbenam dibalik Gunung Agung di Bali, Jangan lewatkan panorama ini.

Gili Meno Gili Meno adalah gili yang berada di tengah-tengah, yaitu diantara Gili Trawangan dan Gili Air. Dari ketiga Gili, Gili Meno adalah gili yang terkecil dan yang gili yang paling sedikit dikunjungi oleh wisatawan. Gili ini tidak seperti dua gili lainnya yang lebih dulu berkembangdan merupakan gili yang paling tenang. Yang menjadi daya tarik dari Gili Meno adalah adanya taman burung yang mempunyai koleksi macam-macam burung dari Indonesia maupun dari luar negeri. Selain itu di gili ini juga terdapat Danau air asin dan beberapa tempat untuk diving yang terkenal seperti Meno Wall, Sea Turtle Point dan Blue Coral Point.

Gili Trawangan >Gili Trawangan adalah Gili (yang artinya adalah Pulau) yang paling ramai penduduk dan pengunjungnya serta berukuran paling besar (panjang 3 km dan lebar 2 km). Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau. Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.

0 komentar:

Posting Komentar

yOuR cOmMeNT